Perkuat Identitas Keilmuan dan Kompetensi Lulusan, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UT Tuntaskan Asesmen Lapangan
17 Desember, 2025
oleh
Yogie Bagas Pambagyo, S.T., MOS.
Tangerang Selatan — Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) telah merampungkan kegiatan
Asesmen Lapangan (AL) dalam rangka akreditasi yang berlangsung pada 12–13
Desember 2025. Bertempat di Ruang Sidang FKIP UT, kegiatan ini menjadi momentum
krusial untuk memverifikasi kesesuaian Laporan Evaluasi Diri (LED) dengan realitas
tata kelola dan akademik di lapangan.
Kehadiran jajaran pimpinan tertinggi Rektor UT Prof.
Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. didampigi Wakil Rektor I, II, III dan Wakil Rektor IV,
serta Dekan FKIP beserta jajaran para Wakil Dekan dan Kepala Kantor Penjaminan
Mutu (KPM), menegaskan dukungan penuh institusi terhadap proses penjaminan mutu
ini. Sinergi pimpinan universitas dan fakultas ini dinilai asesor sebagai modal
kuat dalam pengembangan program studi ke depan.
Kehadiran
pimpinan universitas, fakultas, dan unit penjaminan mutu menunjukkan dukungan
dan komitmen penuh terhadap pelaksanaan asesmen lapangan sebagai bagian dari
upaya peningkatan mutu akademik secara berkelanjutan. Selama kegiatan
berlangsung, asesor melakukan rangkaian verifikasi terhadap berbagai aspek
penyelenggaraan program studi, mulai dari tata kelola, pelaksanaan tridharma
perguruan tinggi, hingga dukungan sumber daya dan layanan pembelajaran.
Kehadiran jajaran pimpinan tertinggi Rektor UT Prof. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. didampigi Wakil Rektor I, II, III dan Wakil Rektor IV, serta Dekan FKIP beserta jajaran para Wakil Dekan dan Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KPM), menegaskan dukungan penuh institusi terhadap proses penjaminan mutu ini. Sinergi pimpinan universitas dan fakultas ini dinilai asesor sebagai modal kuat dalam pengembangan program studi ke depan.
Kehadiran pimpinan universitas, fakultas, dan unit penjaminan mutu menunjukkan dukungan dan komitmen penuh terhadap pelaksanaan asesmen lapangan sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu akademik secara berkelanjutan. Selama kegiatan berlangsung, asesor melakukan rangkaian verifikasi terhadap berbagai aspek penyelenggaraan program studi, mulai dari tata kelola, pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, hingga dukungan sumber daya dan layanan pembelajaran.
Catatan
dan Rekomendasi Asesmen Lapangan
Sorotan Strategis Asesor: Dari Identitas hingga Kompetensi Digital
Dalam sesi penyampaian umpan balik, tim asesor
memberikan apresiasi atas tata pamong yang telah berjalan sesuai fungsi. Namun,
sejumlah catatan konstruktif disampaikan untuk mengakselerasi kualitas Prodi
Pendidikan Biologi.
Salah satu sorotan utama adalah perlunya penajaman visi
keilmuan. Asesor mendorong agar ciri khas atau uniqueness Prodi
Pendidikan Biologi UT lebih dipertegas, sehingga memiliki diferensiasi yang
kuat dibandingkan prodi sejenis di perguruan tinggi lain.
Selain itu, aspek Sumber Daya Manusia (SDM)
menjadi perhatian khusus. Asesor menyarankan adanya pemetaan (roadmap)
keahlian dosen yang lebih presisi. Hal ini penting agar studi lanjut doktoral
(S3) para dosen dapat mengisi kekosongan kepakaran yang dibutuhkan prodi, serta
menghindari penumpukan keahlian di satu bidang tertentu.
Penguatan Kompetensi Mahasiswa dan Alumni
Di sisi pembelajaran dan kemahasiswaan, asesor
menekankan urgensi literasi digital. Mahasiswa perlu mendapatkan pendalaman
pemanfaatan teknologi, mulai dari penguasaan perangkat lunak produktivitas
hingga optimalisasi Learning Management System (LMS). Penempatan mata
kuliah berbasis digital disarankan untuk ditarik ke semester awal guna
membekali mahasiswa sejak dini.
Masukan dari pengguna lulusan (user) juga
menjadi catatan penting. Alumni diharapkan tidak hanya kuat secara teoretis,
tetapi juga dibekali soft skills dan kemampuan Bahasa Inggris yang
mumpuni. Merespons hal ini, mahasiswa turut mengusulkan penambahan porsi mata
kuliah praktikum untuk memperkuat kompetensi aplikatif mereka.
Melalui
asesmen lapangan ini, Program Studi Pendidikan Biologi diharapkan dapat
menjadikan seluruh catatan dan rekomendasi sebagai bahan evaluasi dan perbaikan
berkelanjutan dalam rangka peningkatan mutu akademik dan tata kelola, serta
pemenuhan standar akreditasi yang ditetapkan. [Written by Muhammad Rafy Zildan S. E.]
di dalam Berita
Our blogs
and then Add to Home Screen.
To install this Web App in your ISO device press