X
Cart 0


Indonesia

Perkuat Identitas Keilmuan dan Kompetensi Lulusan, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UT Tuntaskan Asesmen Lapangan
17 Desember, 2025 oleh
Perkuat Identitas Keilmuan dan Kompetensi Lulusan, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UT Tuntaskan Asesmen Lapangan
Yogie Bagas Pambagyo, S.T., MOS.
 
Tangerang Selatan — Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) telah merampungkan kegiatan Asesmen Lapangan (AL) dalam rangka akreditasi yang berlangsung pada 12–13 Desember 2025. Bertempat di Ruang Sidang FKIP UT, kegiatan ini menjadi momentum krusial untuk memverifikasi kesesuaian Laporan Evaluasi Diri (LED) dengan realitas tata kelola dan akademik di lapangan.

Kehadiran jajaran pimpinan tertinggi Rektor UT Prof. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. didampigi Wakil Rektor I, II, III dan Wakil Rektor IV, serta Dekan FKIP beserta jajaran para Wakil Dekan dan Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KPM), menegaskan dukungan penuh institusi terhadap proses penjaminan mutu ini. Sinergi pimpinan universitas dan fakultas ini dinilai asesor sebagai modal kuat dalam pengembangan program studi ke depan.

Kehadiran pimpinan universitas, fakultas, dan unit penjaminan mutu menunjukkan dukungan dan komitmen penuh terhadap pelaksanaan asesmen lapangan sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu akademik secara berkelanjutan. Selama kegiatan berlangsung, asesor melakukan rangkaian verifikasi terhadap berbagai aspek penyelenggaraan program studi, mulai dari tata kelola, pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, hingga dukungan sumber daya dan layanan pembelajaran.




Catatan dan Rekomendasi Asesmen Lapangan
Sorotan Strategis Asesor: Dari Identitas hingga Kompetensi Digital
Dalam sesi penyampaian umpan balik, tim asesor memberikan apresiasi atas tata pamong yang telah berjalan sesuai fungsi. Namun, sejumlah catatan konstruktif disampaikan untuk mengakselerasi kualitas Prodi Pendidikan Biologi.

Salah satu sorotan utama adalah perlunya penajaman visi keilmuan. Asesor mendorong agar ciri khas atau uniqueness Prodi Pendidikan Biologi UT lebih dipertegas, sehingga memiliki diferensiasi yang kuat dibandingkan prodi sejenis di perguruan tinggi lain.

Selain itu, aspek Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi perhatian khusus. Asesor menyarankan adanya pemetaan (roadmap) keahlian dosen yang lebih presisi. Hal ini penting agar studi lanjut doktoral (S3) para dosen dapat mengisi kekosongan kepakaran yang dibutuhkan prodi, serta menghindari penumpukan keahlian di satu bidang tertentu.

Penguatan Kompetensi Mahasiswa dan Alumni

Di sisi pembelajaran dan kemahasiswaan, asesor menekankan urgensi literasi digital. Mahasiswa perlu mendapatkan pendalaman pemanfaatan teknologi, mulai dari penguasaan perangkat lunak produktivitas hingga optimalisasi Learning Management System (LMS). Penempatan mata kuliah berbasis digital disarankan untuk ditarik ke semester awal guna membekali mahasiswa sejak dini.

Masukan dari pengguna lulusan (user) juga menjadi catatan penting. Alumni diharapkan tidak hanya kuat secara teoretis, tetapi juga dibekali soft skills dan kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni. Merespons hal ini, mahasiswa turut mengusulkan penambahan porsi mata kuliah praktikum untuk memperkuat kompetensi aplikatif mereka.

Melalui asesmen lapangan ini, Program Studi Pendidikan Biologi diharapkan dapat menjadikan seluruh catatan dan rekomendasi sebagai bahan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan dalam rangka peningkatan mutu akademik dan tata kelola, serta pemenuhan standar akreditasi yang ditetapkan. [Written by Muhammad Rafy Zildan S. E.]
 

di dalam ​Berita
Share this post
Our blogs

and then Add to Home Screen. To install this Web App in your ISO device press